Rabu, 27 Oktober 2010

Agar Buku Lebih Awet

   Apa yang anda lakukan pada buku anda???????? Apakah anda diletakkan di sembarang tempat, melipat halaman buku sebagai halaman terkhir yang dibaca, menumpuk buku hingga antar halaman lengket, dan lebih parah lagi menjadikan buku sebagai bantalan tidur.
   Kalau itu yang terjadi, berarti tanpa sadar telah memperpendek umur bahan bacaan . Sayang sekali bukan. Nah agar bukumu tetap awet. Silahkan ikuti tips berikut :
  1.     Buku yang dimiliki sebaiknya disampul untuk melindungi dari debu agar tidak mudah rusak dan cepat kotor.
  2.     Pastikan tempat buku tidak lembab tetapi memiliki sirkulasi udara yang memadai untuk mendapatkan udara yang cukup. Tempat buku harus memiliki jendela atau lubang keluar masuk udara secara cukup.
  3.     Usahakan letak buku tidak berdekatan dengan lantai, artinya tempat buku jangan diletakkan di bagian paling bawah lemari. Pilihlah tempat yang memungkinkan buku mudah dilihat dan dijangkau. Pilihlah tempat bisa di bagian tengah atau diatas.
  4.    Posisi buku sebaiknya berdiri dan berjajar ke samping. Posisi ini memungkinkan udara masuk ke sela-sela buku lewat lembaran. jika posisi buku bertumpuk dikhawatirkan udara tidak bisa masuk dan mempercepat kelembaban.
  5.    Taburkan kamper di sela-sela buku atau di pojok-pojok lemari buku. fungsi kamper untuk mengusir ngengat dan mengurangi bau tak sedap.
  6.    Lakukan rotasi buku setiap dua pekan sekali. Jika memungkinkan keluarkanlah buku-buku dari almari dan letakkan selama sehari diluar lemari. bisa diatas meja atau di ruang terbuka yang tidak lembab.
  7.    Tidak ada salahnya memberi lampu khusus dalam lemari buku hingga buku mendapat cahaya yang cukup. Sinar lampu menghambat ngengat masuk ke sela-sela buku.
  8.    Jika salah satu koleksi bukumu terkena air, jemurlah ditempat yang sejuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar