Senin, 14 November 2011

DESA PRINGSURAT

Pringsurat ?????? ya nama desa yang ku tinggali sejak 1994.. Mungkin sebagian besar orang merasa asing mendenngar nama tersebut.. Tapi tak jarang masyarakat desa lain baik luar kota telah banyak mendengarnya.
Dusun pringsurat adalah desa yagn terletak di Keluharan Kedungkeris, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul. DEsaku ini dalah desa yang bisa dikatakan desa yang paling sedikit penduduknya dibandingkan dengan desa-desa lain di Kelurahan Kedungkeris. JUmlah penduduknya berkisar 55 KK yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani.
DEsa ini lebih dikenal dengan hutan rakyatnya, banyak wisatawan  domestic maupun luar negeri serta tak jarang mahasiswa dari berbagai kota din Indonesia yang berkunjung ke Pringsurat untuk melakukan Study Banding/ Melakukan observasi lingkungan hidup, maupun hanya ingin menikmati keindahan pesona alam desa kami.
Desa pringsurat sering mendapatkan juara umum dalam lomba hutan rakyat sertamendapatkan sertifikat untuk kelestarian hutan rakyatnya dari luar negeri.
Masyarakat  memiliki jiwa social yang tinggi. Dan juga tidak pernah memandang rendah orang lain hanya karena status sosialnya(INSYAALLAH), dan memiliki rasa gotong royong jika ada salah satu warga yang membutuhkan bantuan. Desa Pringsurat masih memegang teguh kebudayaan atau adat istiadat kebudayaan zaman dulu, misalnya masih melakukan kenduri, rasulan atu peringatan untuk hari besar jawa sebagai symbol rasa terima kasih terhadap alam karena telah banyak memberikan berkah kepada masyarakat.
Tidak banyak hal yang dapat kami lakukan sebagai pemuda karsang taruna Desa Pringsurat karena sedikitnya pemuda pemudi di Desa kami, namun kami berusaha untuk dapat melestarikan kesenian yang dapat menjaga kesenian yang ada di Indonesia agar tidak di ambil oleh Negara laim.
Yaaaaaaaaaaa….. Kesenian Reog dan Jathilan yang ada di Desa Kami. Kesenian ini diberi nama Kesenian Reog Tedjo Manggolo Mudho. Kami sebagai pemuda pemudi desa Pringsurat bangga dapat menjadi salah satu anggota di kesenian ini karena sudah diberbagai daerah kesenian ini ditampilkan. Biasanya kesenian ini dipentaskan di acara-acara besar. Kesenian ini dipimpin oleh Bapak Sugiyono yang sekaligus menjadi pelatih tari desa kami. Maka dari itu, lestarikan budaya dan seni di desa anda masing-masing…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar